Baksos Surabaya Berbagi di Rusun Sombo ⬍ Foto : Redaksi

Simolawang - Dalam rangka Hari Pahlawan, RW 05 Sombo bekerjasama dengan 32 Komunitas mengadakan Baksos dengan mengusung tema "Kolaborasi Pahlawan Masa Kini" yang diadakan pada Hari Minggu pagi (18/11/2019) disambut antusias oleh warga RW 05 Sombo Kelurahan Simolawang Kecamata Simokerto yang berpenduduk kurang lebih 1.350 jiwa.

Dalam acara Baksos tersebut, berbagai kegiatan juga digelar, selain cek layanan kesehatan dan pengobatan gratis, terdapat juga pembagian sembako santunan anak yatim dan dhuafa.


Warga RW 05 antusias mengikuti Bakti Sosial

Selain itu, terdapat pula pelatihan bagi ibu-ibu rumah tangga, seperti pembuatan sabun dari minyak jelantah bekas, bukan hanya itu saja, hiburan dan dolanan tradisional untuk anak-anak juga dihadirkan dikemas dengan pemeriksaan anak.

 Ali Ranto, Wakil Ketua RW 05 dalam sambutannya mengatakan, acara bakti sosial dengan tema "Kolaborasi Pahlawan Masa Kini" ini mudah-mudahan dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan rasa cinta anak-anak muda pada lingkungan sekitar terlebih pada kaum dhuafa dan anak yatim, pengurus RW 05 berharap kepada 32 komunitas untuk tidak selesai di acara bakti sosial saja, sehingga ada kesinambungan kedepannya, kata cak ali sapaan akrabnya.
                    Penyerahan Simbolis Santunan Anak Yatim kepada Pengurus RW 05

Ketua 32 komunitas dengan nama Surabaya Berbagi, Yuni Rahayu menyampaikan "terima kasih atas di fasilitasi acara bakti sosial di Rusun Sombo ini, semoga tujuan dari baksos ini sebagai bentuk rasa cinta dan kepedulian kepada sesama, Menurutnya, tema “Kolaborasi Kepahlawanan Masa Kini” sengaja diambil karena setiap zaman selalu ada pahlawan. Relawan yang berasal dari 32 komunitas sosial, merupakan pahlawan yang tidak dikenang dan rela bekerja dengan ikhlas untuk membantu masyarakat Surabaya. Kami ingin relawan ini menjadi kepanjangan tangan pemkot untuk memakmurkan dan surabaya lebih tertata, imbuhnya.


Foto bareng pengurus RW 05 dengan 32 Komunitas

Acara bakti sosial ini hadir juga dari Anggota Dewan Perwakilan Kota Surabaya. Mereka adalah Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti beserta Anggota Komisi A, Arif Fatoni.

Reni Astuti mengatakan, sebuah kota beserta masyarakatnya jika ingin maju, maka semua harus saling berkolaborasi atau bersinergi. Namun demikian, ia memastikan bahwa selama ini pemerintah kota bersama DPRD Surabaya terus memberikan perhatian kepada warganya. Seperti membuat kebijakan-kebijakan yang bertujuan untuk kesejahteraan warga. Akan tetapi, sumber daya itu tidak hanya dari pemerintah dan DPRD saja, tapi bisa juga dari kalangan masyarakat atau kelompok, tutur Reni.